Terdapat Pro dan Kontra Dalam Pemakaian Rangka Atap Baja Ringan

Tentunya anda sudah pernah mendengar mengenai rangka atap baja ringan. Saat ini akan dibahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan rangka atap yang berbahan dasar baja ringan. Apa alasannya kita harus menggunakan atap menggunakan baja ringan?

menghitung baja ringan

Sifatnya berbeda dengan baja konvensional. Material baja ringan ini memiliki mutu dan kualitas yang baik. memiliki bobot yang ringan dan tipis, tetapi memiliki fungsi yang sama dengan baja konvensional. Baja ringan ini merupakan material yang dibentuk setelah dingin dan diciptakan bertujuan untuk memudahkan pemasangan atap baja ringan dan kontruksi lebih cepat.

Baja ringan ini memiliki kekuatan tarik sekitar 550 MPa dan untuk baja biasa hanya 300 MPa. Menghitung baja ringan yang beredar saat ini memiliki ketebalan sekitar 0,4 mm – 1 mm. Perhitungan baja ringan ini berbeda dengan kayu, yaitu baja ringan ini cenderung lebih rapat.

Kali ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan material baja ringan.

  1. Kelebihan Baja ringan
  2. Memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kayu
  3. Bara ringan ini memiliki sifat tidak akan membesarkan api
  4. Tidak akan dimakan rayap
  5. Proses pemasangan baja ringan ini lebih cepat ketika dibandingkan dengan penggunaan rangka kayu
  6. Baja ringan ini tidak akan memuai atau susut sehingga tidak akan berubah walau terkena panas dan dingin

  1. Kekurangan Baja ringan
  2. Untuk kerangka berbahan material baja ringan ini tidak dapat diekspos seperti rangka menggunakan kayu. Rangka baja ringan yang berbentuk jarring akan tidak menarik apabila tidak ditutup menggunakan plafon.
  3. Mengingat bentuk rangka seperti jarring, maka ketika terdapat kesalahan pada bagian struktur dalam Menghitung baja ringan maka akan berpengaruh pada bagian lainnya. ketika ada satu bagian yang tidak sesuai dengan syarat keamanan maka akan mengalami kegagalan secara keseluruhan.
  4. Rangka yang menggunakan material baja ringan tidak dapat dibuntuk atau di potong seperti bahan kayu. Sehingga bahan rangka baja ringan ini jarang digunakan pada bangunan tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *