My Blog

My WordPress Blog

Ingin Menggunakan Baja Ringan sebagai Rangka Atap? Cermati Ulasan Ini!

Atap adalah elemen terpenting yang patut dipikirkan sebelum membangun hunian karena berfungsi sebagai pelindung dari cuaca. Adapan proses pemasangan atap memerlukan konstruksi rangka sebagai penopang. Konstruksi rangka atap ada beberapa pilihan, seperti kayu, baja, ataupun baja ringan. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih baja ringan sebagai rangka atap hunian. Sebelum mencari tahu harga atap baja ringan, sebaiknya baca artikel ini hingga selesai.

renovatap.com

Pertama adalah menyesuaikan rangka baja ringan berdasarkan tipa ataupun model atap. Rangka baja ringan ini dapat dibentuk menyesuaikan model atap yang Anda inginkan. Namun, membentuk rangka atap baja setidaknya harus disesuaikan berdasarkan beban yang nantinya ditumpu. Apabila Anda ingin memastikan kekuatan rangka atap baja, silakan buat jarak yang rapat antarbaja agar dapat menopang beban secara sempurna. Lebih baik lagi jika kerenggangan maksimal antarbaja 150 sentimeter.

Kedua adalah menyesuaikan rangka baja ringan berdasarkan jenis penutup atap. Walaupun Anda menggunakan rangka berbahan baja ringan, bukan berarti penutup atap hanya berbahan logam semata. Dalam menentukan atap Anda memiliki kebebasan, misalnya menggunakan beton, asbes, genteng, maupun kaca. Kami sarankan agar Anda menyesuakkan penutup atap pasalnya makin berat penutup atap tersebut, makin banyak baja ringan yang digunakan.

Berikutnya adalah mengecek kualitas dari baja ringan. Sudah pasti kualitas baja ringan dapat dilihat dari nilai tegangan tarikan. Paling tidak, baja ringan yang dipilih mempunyai nilai tegangan tarikan 550 Mpa sehingga lebih kokoh menopang berbagai macam jenis atap. Tidak hanya itu, sebaiknya Anda melakukan perhitungan kualitas baja ringan menggunakan SAE grade. Baja ringan berkualitas mempunyai nilai SAE grade 980. Apabila makin kecil nilai tegangan, berarti menunjukkan tarikan baja ringan tersebut rendah sehingga memengaruhi kekuatan untuk menopang beban.

Pengecekan kualitas dari baja ringan bisa dilihat melalui lapisan anti korosi. Apabila Anda ingin membeli baja ringan di pasaran, pasti ada baja ringan dengan lapisan zinc (galvanis) atau lapisan aluinium zinc (galvalume). Harga atap baja ringan berlapis zinc dijual murah dengan kelebihan tahan terhadap campuran semen, tetapi kekurangannya tidak tahan terhadap air garam. Untuk baja ringan lapisan galvalume cenderung tahan terhadap zat korosif tetapi tidak tahan terhadap semen. Baja ringan varian ini acap digunakan untuk bangunan di sekitar pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *